Oktan bbm merupakan kemampuan bensin untuk menahan fenomena seperti knocking, maka dari itu pengendara mobil atau motor dapat mendengar suara jika hal tersebut terjadi. Knocking merupakan ledakan atau pembakaran bensin yang tidak terkontrol didalamĀ  tangki pembakaran dan dapat dengan cepat merusak mesin.

Semakin tinggi oktan sebuah bbm, semakin besar daya tolak untuk terkena “knocking”. Bensin beroktan tinggi memberikan kesempatan kepada manufaktur mesin untuk merancang mesin yang lebih kuat dan meningkatkan efisiensi bbm yang digunakan.

Di negara Australia, bbm standard yang digunakan bernilai 91 “Research Octane Number” atau biasa disebut juga (RON) yang tidak menggunakan timbal dan sejak tahun 1986, semua mobil di Australia di rancang untuk bisa memadai hal tersebut. Namun, dengan adanya kendaraan yang terkini, beberapa mobil membutuhkan bensin dengan RON 95 dan bahkan RON 98.

Kebutuhan oktan sebuah mesin dapat diperoleh dari buku panduan yang diberkan oleh dealer. Namun, sebuah bbm dengan oktan yang tinggi dari kebutuhan mesin tersebut tidak akan memberikan keunggulan yang lebih.

Alasan memilih oktan bbm yang sesuai dengan kendaraan anda, ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan :

  • Beberapa mesin akan memberikan performa yang lebih baik jika menggunakan bbm dengan oktan yang lebih tinggi, sedangkan beberapa mesin tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan.
  • Kendaraan yang sudah tua yang masih menggunakan karburator cenderung tidak akan merasakan keunggulan oktan bbm yang tinggi, terkecuali di modifkasi untuk membakar bahan bakar tersebut.
  • Bahan bakar yang terlalu tinggi untuk sebuah mesin yang mempunyai rasio kompresi yang rendah cenderung akan memberikan efek yang tidak maksimal
  • Beberapa bbm beroktan 90 memberikan beragam bahan aditive yang berfungsi membersihkan mesin kendaraan.

Untuk informasi mengenai Glite BBM Oktan 90. Klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *